Thursday 11 July 2013

Tips menginstall printer dari PC lain pada jaringan LAN

Jaringan LAN memberikan banyak sekali manfaat bagi kita yang bekerja pada sebuah instansi yang menggunakan aliran informasi yang cepat. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat, misalnya saja transfer data tanpa menggunakan flasdisk, kemudahan sharing dokument dan berbagi file tanpa batas, mengontrol hasil kerja seseorang, dst. 
Salah satu manfaat adanya jaringan LAN yaitu anda bisa menginstall belasan  bahkan puluhan printer tanpa harus menggunakan printer sendiri atau sebuah driver. Sebagai catatan bahwa anda dapat melakukan ini hanya pada sebuah printer yang di sharing. 

Adapun langkah-langkah yang perlu anda persiapkan sebelum menginstall komputer pada jaringan LAN antara lainya adalah sebagai berikut : 
1. Printer client yang ingin diinstall harus dalam keadaan sharing,
2. Jika memang belum disharing, silahkan anda setting terlebih dahulu printer sharing optionnya. Jika memang anda belum mengetahui cara setting printer agar menjadi sharing silahkan baca tips ini,
3. Anda wajib mengetahui nama user komputer klien yang ada pada list network atau dengan memasukan IP address komputer klien yang ingin di install printernya.
4. Jika sudah menemukan IP komputer klien, ketika anda klik masukan nama user dan password
5. Jika memang sudah benar, maka list printer yang disharing pasti akan muncul,
6. Anda tinggal memilih printer yang akan diinstall dengan klik kanan pilih connect. 

Setelah printer ini selesai anda install, maka anda akan dengan mudah melakukan pencetakan dokument (print) selama komputer klien tersebut masih dalam keadaan menyala. Baca juga cara mengetahui IP komputer anda pada jaringan LAN. Semoga bermanfaat

Artikel Terkait

0   comments

Post a Comment

Cancel Reply
Techno OFF