Thursday 11 July 2013

Cara mempercepat loading komputer PC pada saat startup


www.tipstutorialkomputer.com. Kali ini saya akan membagikan tips komputer yang mungkin bisa membantu anda mempercepat loading komputer PC pada saat startup. Akan tetapi, sebelum tips ini saya berikan mungkin anda perlu memahami apa yang saya maksud dengan startup. Startup merupakan proses pada saat anda mulai menyalakan komputer PC atau Laptop anda. Kecepatan proses loading startup setiap komputer berbeda-beda, semua tergantung pada spesifikasi piranti yang digunakan oleh gadget anda. Jadi semakin tinggi spesifikasi komputer anda, maka semakin baik (cepat) loading komputer yang anda gunakan.
Startup bisa diatur oleh user masing-masing komputer. Semakin banyak aplikasi yang anda install, kemungkinan loading komputer anda akan semakin lama. Itu lah sebabnya mengapa komputer yang sudah mulai tua (sudah lama dipakai) akan selalu melambat, apalagi bila anda termasuk kedalam user expert yang seringkali install-uninstall aplikasi. Cara ini hanya salah satu dari sekian banyak cara dalam perawatan komputer terutama dalam mempercepat kinerja komputer demi menghemat memori (RAM). Salah satu yang saya rekomendasikan dan bisa menjadi acuan anda untuk mempercepat loading komputer mungkin aplikasi CCleaner silahkan lihat disini 


Postingan ini mungkin hanya menjelaskan langkah-langkah mudah agar anda terbantu dalam mensetting aplikasi yang ada pada System Configuration. Berikut ini adalah langkah-langkah mudahnya.

1. Sebelum anda memulai, sebaiknya pahami dulu aplikasi apa saja yang mungkin jarang anda gunakan, atau tidak perlu diloading saat startup. Akan tetapi, untuk aplikasi yang tidak anda kenal, jangan lakukakn apapun atau secara garis besar anda dilarang menghilangkan CENTANGAN pada aplikasi yang TIDAK ANDA KENAL.
2. Tekan windows (gambar bendera) pada keyboard + dengan R, untuk menjalankan kotak dialog RUN
3. Masukan frase MSConfig, maka anda popup system configuration
4. Ada 5 Tab yang sudah tersedia, yaitu General, Boot, Service, Startup dan Tools
5. Anda pilih Starup, maka akan muncul seperti pada gambar diatas.
6. Unmark (hilangkan centang) pada aplikasi yang menurut anda tidak perlu diloading saat anda menghidupkan komputer.
7. Gambar diatas merupakan setting yang saya gunakan, Adobe reader, Daemon Tools Lite, Yahoo messenger, dan beberapa aplikasi lain yang saya hilangkan centang merupakan aplikasi yang tidak perlu diloading pada saat komputer saya menyala.
8. Jika ada yang ditanyakan, silahkan ajukan dikolom komentar.
Mungkin hanya itu saja tips dari saya, semoga ini membantu anda dalam mempercepat loading komputer anda pada saat startup. Terimakasih

Artikel Terkait

0   comments

Post a Comment

Cancel Reply
Techno OFF